Desain Database Menggunakan Model Data REA

  • Proses Desain Database
REA (resources, events, and agents) digunakan untuk mendesain dan mendokumentasikan Sistem Informasi Akuntansi. Berikut ini lima tahap dasar dalam desain database:
  1. Analisis sistem, terdiri atas perencanaan awal untuk menentukan kebutuhan dan kemungkinan mengembangkan sebuah sistem baru.
  2. Desain konseptual, menyertakan pengembangan skema-skema yang berbeda bagi sistem baru pada tingkat konseptual, eksternal, dan internal. 
  3. Desain fisik, terdiri atas menerjemahkan skema tingkat internal ke dalam struktur database sesungguhnya yang akan diimplementasikan ke dalam sistem baru tersebut. 
  4. Implementasi dan konversi, menyatakan seluruh aktivitas terkait dengan transfer data dari sistem yang ada ke SIA database baru, menguji sistem baru, dan melatih para pegawai bagaimana menggunakannya. 
  5. Operasi dan pemeliharaan, termasuk dengan cermat mengawasi kinerja sistem dan kepuasan pengguna untuk menentukan kebutuhan untuk membuat peningkatan dan modifikasi sistem. 
Lima tahap dasar dalam desain database dapat digambarkan pada figur berikut:

Diagram hubungan-Entitas 
Diagram hubungan-entitas adalah sebuah teknik grafis untuk menggambarkan sebuah skema database. Diagram ini disebut sebagai diagram E-R. Sebuah entitas adalah sesuatu yang ingin organisasi kumpulkan dan simpan mengenai informasi. Contoh: sebuah perusahaan akan mengumpulkan informasi mengenai entitas penjualan yang terdiri atas nomor faktur, tanggal, dan jumlah. Atau entitas persediaan, yang terdiri atas nomor barang, deskripsi, dan daftar harga.
Dalam diagram E-R, entitas digambarkan sebagai persegi empat. Namun demikian, tidak ada standar bagi aspek-aspek lain mengenai diagram E-R.

Panel A: Hubungan digambarkan dengan wajik

 
Panel b: Hubungan digambarkan tanpa wajik


Panel C: Atribut dilampirkan ke Entitas


Panel D: Atribut dicantumkan dalam tabel terpisah

  • Model Data REA
Model data REA digunakan untuk mendesain SIA. REA menyediakan panduan bagi desain database dengan mengidentifikasi entitas apa yang harus disertakan dalam database SIA dan dengan menentukan bagaimana menyusun hubungan di antara entitas dalam database itu.


Model data REA menentukan sebuah pola dasar bagaimana tiga jenis entitas ini (sumber daya, peristiwa, dan agen) harus berhubungan satu sama lain. Fitur-fitur sensial dari pola tersebut, yaitu:
  1. Setiap peristiwa ditautkan ke setidaknya satu sumber daya yang ia pengaruhi.
  2. Setiap peristiwa ditautkan ke setidaknya satu peristiwa lainnya.
  3. Setiap peristiwa ditautkan ke setidaknya dua agen yang berpartisipasi.
  • Mengembangkan Sebuah Diagram REA
Mengembangkan sebuah diagram REA bagi satu siklus bisnis spesifik terdiri atas tiga langkah berikut:
  1. Mengidentifikasi peristiwa mengenai informasi apa yang ingin manajemen kumpulkan 
  2. Mengidentifikasi sumber daya yang dipengaruhi oleh tiap peristiwa dan agen yang berpartisipasi dalam peristiwa tersebut
  3. Menentukan kardinalitas dari setiap hubungan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siklus Manajemen Sumber Daya Manusia dan Penggajian

Siklus Produksi

Sistem Buku Besar dan Pelaporan