Topik Khusus dalam Pemodelan REA

I. PENDAHULUAN
Pada bab ini akan membahass beberapa model yang lebih kompleks pada siklus pendapatan dan pengeluaran, termasuk beberapa aktivitas tambahan yang secara khusus dijalankan oleh para pengusaha pabrik dan distributor serta situasi-situasi khusus lainnya. Kemudian, membahas beberapa tambahan untuk model REA dasar yang selanjutnya akan menjelaskan cara memodelkan aktivitas bisnis dasar dalam siklus produksi, sumber daya manusia (SDM), dan pembiayaan. 
II. TOPIK PEMODELAN SIKLUS PENDAPATAN dan PENGELUARAN TAMBAHAN
  • Penempatan peristiwa dan atribut siklus pendapatan
Hubungan antara peristiwa mengambil pesanan pelanggan direpresentasikan dengan satu-ke-banyak (one-to-many--1:N). Kardinalitas minimum merefleksikan fakta bahwa dua peristiwa terjadi secara berurutan. Kardinalitas maksimum merefleksikan fakta bahwa terkadang perusahaan mungkin kehabisan stok satu atau lebih barang yang dipesan. Oleh karena itu, perusahaan kemungkinan melakukan berbagai aktivitas gudang untuk memenuhi pesanan tertentu secara lengkap. Namun, setiap pesanan pelanggan secara individu harus dipilih dan dipak.
Hubungan antara peristiwa mengisi pesanan pelanggan dan mengirim pesanan adalah 1:1. Kardinalitas minimum merefleksikan fakta bahwa dua peristiwa tersebut berurutan. Kardinalitas maksimum adalah praktik-praktik khusus terbaik yang dilakukan oleh sebagian besar perusahaan. Ketika seluruh barang yang dipesan dan dalam stok telah dipilih dan dipak, maka seluruh paket dikirim utuh ke pelanggan. 
Kunci utama dari peristiwa mengirim pesanan adalah nomor pengiriman. Atribut lainnya dalam peristiwa pengiriman adalah bill-of-lading dan faktur penjualan. 
  • Penempatan peristiwa dan atribut siklus pengeluaran tambahan 
Hubungan M:N antara peristiwa meminta persediaan dan memesan persediaan memiliki kardinalitas minimum 0 untuk kedua arah. Minimum 0 diasosiasikan dengan peristiwa memesan persediaan yang merefleksikan fakta bahwa permintaan terjadi sebelum pesanan sesungguhnya; selain itu, beberapa permintaan ditolak dan karenanya tidak akan pernah dihubungkan ke sebuah pesanan. Minimum 0 diasosiasikan dengan peristiwa meminta persediaan yang merefleksikan fakta bahwa beberapa pesanan dibuat secara otomatis oleh sistem pengendalian persediaan, bukannya dari sebuah permintaan tertentu. 
  • Penjualan jasa 







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siklus Manajemen Sumber Daya Manusia dan Penggajian

Siklus Produksi

Sistem Buku Besar dan Pelaporan